A. PENDAFTARAN DAN LOGIN

1.    Cara melakukan Registrasi

  • Q : Siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi Green Pages ?

A : Aplikasi Green Pages hanya ditujukan untuk anggota PBNU seluruh Indonesia.

  • Q : Data apa saja yang diperlukan untuk melakukan registrasi di aplikasi Green Pages ?

A : Anda harus mempunyai email dan nomor telepon yang aktif.

  • Q : Bagaimana cara melakukan registrasi di aplikasi Green Pages ?

A : Tahap pertama anda akan diminta untuk mengisikan email dan nomor telepon yang aktif untuk mendapatkan kode verifikasi, setelah itu anda diminta untuk mengisikan kode verifikasi untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Tahap kedua anda diminta untuk mengisikan username,password,dankonfirmasipassword. Tahap ketiga anda akan diminta untuk mengisikan Nama Depan, Nama Belakang, Tanggal Lahir, dan Jenis Kelamin, kemudian pengguna menekan tombol konfirmasi untuk menyelesaikan proses registrasi.

2. Cara melakukan Login

  • Q : Data apa saja yang dibutuhkan untuk login di aplikasi Green Pages ?

A : Pengguna wajib mengisikan username dan kata sandi untuk bisa login di aplikasi Green Pages.

  • Q : Bagaimana cara melakukan login di aplikasi Green Pages ?

A : Pengguna wajib mengisikan username dan kata sandi yang telah terdaftar kemudian menekan tombol login untuk masuk ke aplikasi Green Pages.

3. Cara menggunakan layanan Lupa Kata Sandi

  • Q : Bagaimana jika pengguna lupa dengan kata sandi akunnya ?

A : Pengguna dapat menggunakan layanan lupa kata sandi yang disediakan di halaman login.

  • Q : Bagaimana cara menggunakan layanan lupa kata sandi ?

A:Pengguna harus mengisikan Nama Lengkap, Email, dan Tanggal Lahir untuk mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui email. Setelah itu pengguna diminta untuk mengisikan kode verifikasi, kemudian pengguna diminta untuk mengisikan kata sandi yang baru dan menekan tombol konfirmasi untuk menyimpan kata sandi yang baru.

B. PROFIL

1.    Detail Pribadi

  • Q : Data apa saja yang ada pada Detail Pribadi ?

A : Detail Pribadi meliputi tanggal lahir, agama, jenis kelamin, status hubungan.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan Detail Pribadi di aplikasi Green Pages?

A : Detail Pribadi anda akan secara otomatis ditambahkan ketika anda melakukan registrasi di aplikasi Green Pages.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah Detail Pribadi mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah Detail Pribadi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah Detail Pribadi mereka ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data kemudian menekan tombol Pensil di sebelah kanan text Detail Pribadi, setelah itu pengguna mengisikan data di masing-masing kolom dengan benar kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data detail pribadi.

2.    Identitas Pribadi

  • Q : Data apa saja yang ada di Identitas Pribadi ?

A : Identitas Pribadi meliputi data nomor handphone, nomor telepon, kartu identitas, visa, dan email.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan identitas pribadi ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Identitas Pribadi > Tambah, setelah itu pengguna bisa memilih jenis identitas yang ingin ditambahkan (misal : kartu tanda penduduk), kemudian pengguna mengisikankan nomor identitas (misal : kartu tanda penduduk) di kolom yang telah disediakan. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data identitas pribadi.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Identitas Pribadi mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Identitas Pribadi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Identitas Pribadi mereka ?

A : Pertama pengguna memilih identitas pribadi yang ingin diubah kemudian menekan tombol Pensil di sebelah kanannya. Untuk jenis identitas secara otomatis akan terisi sesuai dengan identitas sebelumnya, pengguna hanya dapat mengubah nomor identitasnya saja di kolom yang telah disediakan. Setelah nomor identitas sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data identitas pribadi.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Identitas Pribadi mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Identitas Pribadi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Identitas Pribadi mereka ?

A : Pertama pengguna memilih identitas pribadi yang ingin dihapus datanya, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data identitas pribadi.

3.    Kartu Pribadi

  • Q : Data apa saja yang ada di Kartu Pribadi ?

A : Kartu Pribadi meliputi data BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan Nomor Rekening.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Kartu Pribadi ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Kartu Pribadi > Tambah, setelah itu pengguna bisa memilih jenis kartu yang ingin ditambahkan (misal : BPJS Kesehatan), kemudian pengguna mengisikankan nomor kartu (misal : BPJS Kesehatan) di kolom yang telah disediakan. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data kartu pribadi.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Kartu Pribadi mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Kartu Pribadi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Kartu Pribadi mereka ?

A : Pertama pengguna memilih kartu pribadi yang ingin diubah kemudian menekan tombol Pensil di sebelah kanannya. Untuk jenis kartu secara otomatis akan terisi sesuai dengan jenis kartu sebelumnya, pengguna hanya dapat mengubah nomor kartunya saja di kolom yang telah disediakan. Setelah nomor kartu sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data kartu pribadi.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Kartu Pribadi mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Kartu Pribadi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Kelurga mereka ?

A : Pertama pengguna memilih kartu pribadi yang ingin dihapus datanya, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data kartu pribadi.

4.    Keluarga

  • Q : Data apa saja yang ada di Keluarga ?

A : Keluarga meliputi data anggota keluarga.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Keluarga ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Keluarga > Tambah, setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Jenis Identitas, Nomor Identitas, Hubungan, Nama Depan, Nama Tengah, Nama Belakang, Jenis Kelamin, Status, Agama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Pendidikan, Pekerjaan, dan Keterangan. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data keluarga.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Keluarga mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Keluarga mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Keluarga ?

A : Pertama pengguna memilih anggota keluarga yang ingin dirubah datanya, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin di ubah kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data keluarga.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Keluarga mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Keluarga mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Kelurga mereka ?

A : Pertama pengguna memilih anggota keluarga yang ingin dihapus datanya, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data keluarga.

5.    Alamat

  • Q : Apakah pengguna dapat menambahkan lebih dari satu data Alamat ?

A : Ya, pengguna dapat menambahkan lebih dari satu data Alamat.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Alamat ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Alamat > Tambah, setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Jenis Alamat (Rumah/Kantor/Apartment/Ruko), Alamat, Kota, Kecamatan, Kode Pos, Kelurahan/Desa, Provinsi, Negara, No. Telepon, No. Handphone. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data alamat.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Alamat mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Alamat mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Alamat mereka ?

A :Pertama pengguna memilih data alamat yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data alamat.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Alamat mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Alamat mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Alamat mereka ?

A : Pertama pengguna memilih alamat yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data alamat.

6.    Pendidikan

  • Q:Data apa yang akan ditampilkan di Pendidikan ?
    A : Pendidikan akan menampilkan riwayat pendidikan pengguna.
  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Pendidikan ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Pendidikan > Tambah, setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Nama Institusi, Jurusan, Akreditasi Jurusan, Nilai/IPK, Alamat, Mulai Pendidikan (Tanggal), Selesai Pendidikan (Tanggal), Deskripsi. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data pendidikan.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Pendidikan mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Pendidikan mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Pendidikan mereka?

A : Pertama pengguna memilih data pendidikan yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data pendidikan.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Pendidikan mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Pendidikan mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Pendidikan mereka ?

A : Pertama pengguna memilih pendidikan yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data pendidikan.

7.    Keahlian

  • Q : Data apa yang akan ditampilkan di Keahlian ?

A : Keahlian akan menampilkan daftar keahlian(skill) pengguna.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Keahlian ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Keahlian > Tambah, setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Bidang Keahlian, Nama Keahlian, Deskripsi, Skill Level, Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data keahlian.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Keahlian mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Keahlian mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Keahlian mereka ?

A : Pertama pengguna memilih data keahlian yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data keahlian.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Keahlian mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Keahlian mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Keahlian mereka ?

A : Pertama pengguna memilih keahlian yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data keahlian.

8.    Pengalaman kerja

  • Q : Data apa yang akan ditampilkan di Pengalaman kerja ?

A : Pengalaman kerja akan menampilkan daftar pengalaman kerja pengguna.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Pengalaman Kerja ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Pengalaman Kerja > Tambah, setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Nama Perusahaan, Jabatan, Posisi, Deskripsi, Alamat, Link Portofolio, Referensi Nama, Referensi Telepon, Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data pengalaman kerja.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Pengalaman Kerja mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Pengalaman Kerja mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Pengalaman Kerja mereka ?

A : Pertama pengguna memilih data pengalaman kerja yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin diubah, kemudian menekan tombol Simpan untuk menyimpan data pengalaman kerja.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Pengalaman Kerja mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Pengalaman Kerja mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Pengalaman Kerja mereka ?

A : Pertama pengguna memilih pengalaman kerja yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol Pensil disebelah kanannya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data pengalaman kerja.

9.    Organisasi

  • Q : Data apa yang akan ditampilkan di Organisasi ?

A : Organisasi akan menampilkan daftar organisasi yang diikuti oleh pengguna.

  • Q : Organisasi apa saja yang dapat di tambahkan oleh pengguna ?

A : Pengguna dapat menambahkan organisasi PBNU maupun Non-PBNU.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Organisasi PBNU ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Organisasi > Tambah, kemudian pengguna memilih Organisasi PBNU dan menekan tombol Tambah disebelah kanannya. Setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Nama Organisasi, Kode Anggota, Jabatan, Deskripsi, Alamat Organisasi, Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data organisasi PBNU.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menambahkan data Organisasi Non-PBNU ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Data > Organisasi > Tambah, kemudian pengguna memilih Organisasi Non-PBNU dan menekan tombol Tambah disebelah kanannya. Setelah itu pengguna diminta mengisikan setiap kolom yang ada yaitu Nama Organisasi, Jabatan, Deskripsi, Alamat Organisasi, Tanggal Mulai, Tanggal Berakhir. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data organisasi Non-PBNU.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Organisasi mereka ?

A : Tidak, untuk saat ini pengguna tidak dapat mengubah data Organisasi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Organisasi mereka ?

A : Untuk saat ini pengguna tidak dapat mengubah data Organisasi mereka.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Organisasi mereka?

A : Tidak, untuk saat ini pengguna tidak dapat menghapus data Organisasi mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Organisasi mereka ?

A : Untuk saat ini pengguna tidak dapat menghapus data Organisasi mereka.

C. BISNIS

1. Bisnis

  • Q : Apa kegunaan fitur bisnis di aplikasi Green Pages ?

A : Fitur bisnis berguna untuk anggota PBNU yang ingin menjual barang atau produk melalui aplikasi Green Pages.

  • Q : Siapa saja yang dapat mengakses fitur bisnis ?

A : Fitur bisnis ditujukan kepada seluruh anggota PBNU yang telah terdaftar di aplikasi Green Pages.

  • Q : Bagaimana cara anggota lain untuk melihat bisnis yang telah terdaftar ?

A : Pengguna bisa melihat bisnis yang telah terdaftar di WishPlace.

  • Q : Bagaimana cara menambahkan Bisnis ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Bisnis > Tambah Bisnis, setelah itu pengguna diminta untuk mengisi setiap kolom yang ada yaitu Gambar/Foto Bisnis, Nama Bisnis, Bentuk Bisnis, Kategori Bisnis, dan Deskripsi Bisnis. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data bisnis.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Bisnis ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Bisnis.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Bisnis ?

A : Pengguna memilih data bisnis yang ingin diubah datanya, kemudian menekan tombol Edit di bagian bisnisnya. Setelah itu pengguna mengisikan data di setiap kolom yang ingin diubah, kemudian pengguna menekan tombol Ubah untuk menyimpan data bisnis yang telah diubah.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Bisnis mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Bisnis mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Bisnis mereka ?

A : Pertama pengguna memilih data bisnis yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol Edit di bagian bisnisnya. Seletah itu pengguna lalu menekan tomboh Hapus untuk menghapus data bisnis.

2. Produk

  • Q : Bagaimana cara menambahkan data Produk ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Profil Bisnis > Pilih Bisnis (Tekan tombol detail pada bisnis) > Tambah Produk, setelah itu pengguna diminta untuk mengisi setiap kolom yang ada yaitu Gambar/Foto Produk, Nama Produk, Jumlah Produk, Harga Produk, Satuan Produk, Berat Produk, Keterangan Produk, dan Deskripsi Produk. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan data produk.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah data Produk ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah data Produk.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah data Produk ?

A : Pertama pengguna memilih data produk yang ingin diubah, kemudian menekan tombol edit dibagian produknya. Setelah itu pengguna mengisikan data disetiap kolom yang ingin diubah, kemudian pengguna menekan tombol Ubah untuk menyimpan data produk yang telah diubah.

  • Q : Apakah pengguna dapat menghapus data Produk mereka ?

A : Ya, pengguna dapat menghapus data Produk mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menghapus data Produk mereka ?

A : Pertama pengguna memilih data produk yang ingin dihapus, kemudian menekan tombol edit dibagian produknya. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Hapus untuk menghapus data produk.

D. TRANSAKSI (FITUR BELUM TERSEDIA)

E. KEAMANAN

1.    Ubah Kata Sandi

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah kata sandi akun mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah kata sandi akun mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah kata sandi akun mereka ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Keamanan > Ubah Kata Sandi (Tekan tombol ubah), setelah itu pengguna diminta untuk mengisikan Kata Sandi Lama, Kata Sandi Baru, dan Konfirmasi Sandi Baru. Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar, pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan kata sandi yang telah diubah.

2.    Pengaturan PIN

  • Q : Apa fungsi PIN pada aplikasi Green Pages ?

A : PIN berfungsi untuk mengamankan data diri pengguna pada aplikasi Green Pages.

  • Q : Bagaimana cara menggunakan PIN ?

A : Pengguna harus melakukan aktivasi PIN terlebih dahulu, setelah itu pengguna hanya bisa melakukan unmasking pada data diri dengan cara mengisikan PIN terlebih dahulu untuk memunculkan data.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk melakukan aktivasi PIN ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Keamanan > Ubah PIN (Tekan tombol ubah), setelah itu pengguna lalu menggeser toggle yang ada disebelah kanan aktivasi PIN. Pengguna kemudian diminta untuk mengisikan 8 digit PIN, 8 digit Konfirmasi PIN lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan PIN yang telah diaktivasi.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengubah PIN mereka ?

A : Ya, pengguna dapat mengubah PIN mereka.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengubah PIN mereka ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Keamanan > Ubah PIN (Tekan tombol ubah) > Ubah PIN, setelah itu pengguna diminta untuk mengisikan 8 digit PIN lama, 8 digit PIN Baru, dan 8 digit Konfirmasi PIN. Setelah itu pengguna lalu menekan tombol Simpan untuk menyimpan PIN yang telah diubah.

  • Q : Apakah pengguna dapat menonaktifkan PIN ?

A : Ya, pengguna dapat menonaktifkan PIN.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menonaktifkan PIN ?

A : Pertama pengguna harus mengakses menu Keamanan > Ubah PIN (Tekan tombol ubah) > Ubah PIN, setelah itu pengguna lalu menggeser toggle yang ada disebelah kanan aktivasi PIN. Pengguna kemudian diminta untuk mengisikan 8 digit PIN dan menekan tombol Simpan untuk menonaktifkan PIN.

F. KONTAK

1. Kontak

  • Q : Apa fungsi fitur kontak di aplikasi Green Pages ?

A : Fungsi fitur kontak adalah untuk anggota yang ingin melakukan koordinasi dengan anggota lainnya.

  • Q : Bagaimana cara menambahkan Kontak ?

A : Pertama pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), setelah itu pengguna menakan tombol Tambah (+) yang ada di sudut kanan bawah kemudian menekan tombol Tambah Kontak. Setelah itu pengguna diminta untuk mengisikan nama pengguna yang ingin ditambahkan kemudian menekan tombol Pencarian untuk menampilkan hasil pencarian. Pengguna kemudian memilih kontak yang ingin ditambahkan lalu menekan tombol Tambah di sebelah kanannya untuk menambahkan kontak.

  • Q : Apakah pengguna dapat membatalkan permintaan pertemanan ?

A : Ya, pengguna dapat membatalkan permintaan pertemanan.

  • Q : Bagaimana cara melakukan pembatalan permintaan pertemanan ?

A : Pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), kemudian pengguna memilih opsi Menunggu Konfirmasi yang ada pada tab Kontak. Setelah itu pengguna memilih kontak yang ingin dibatalkan kemudian menekan tombol Batalkan untuk membatalkan permintaan.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menerima permintaan pertemanan dari pengguna lain?

A : Pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), kemudian pengguna memilih opsi Permintaan Pertemanan yang ada pada tab Kontak. Setelah itu pengguna memilih kontak yang ingin diterima permintaan pertemanannya kemudian menekan tombol Terima untuk menerima permintaan pertemanan.

  • Q : Apakah pengguna dapat menolak permintaan pertemanan dari pengguna lain ?

A : Ya, pengguna dapat menolak permintaan pertemanan dari pengguna lain.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk menolak permintaan pertemanan dari pengguna lain ?

A : Pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), kemudian pengguna memilih opsi Permintaan Pertemanan yang ada pada tab Kontak. Setelah itu pengguna memilih kontak yang ingin ditolak permintaan pertemanannya kemudian menekan tombol Tolak untuk menolak permintaan pertemanan.

2. Chat

  • Q : Apa fungsi chat di aplikasi Green Pages ?

A : Fungsi chat adalah untuk melakukan koordinasi antar anggota PBNU agar anggota bisa saling terhubung satu sama lain.

  • Q : Bagaimana cara mengirimkan chat kepada teman ?

A : Pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), kemudian pengguna memilih opsi Teman yang ada pada tab Kontak. Setelah itu pengguna memilih kontak yang ingin di kirimkan chat kemudian pengguna akan dibawa ke halaman chat. Dihalaman chat pengguna dapat mengirimkan chat dengan mengetikkan isi chat lalu menekan tombol Send yang di sebelah kanan kolom chat untuk mengirimkan chat.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengirimkan file gambar melalui chat ?

A : Ya, pengguna dapat mengirimkan file gambar melalui chat.

  • Q : Bagaimana cara pengguna mengirimkan file gambar melalui chat ?

A : Pada halaman chat, pengguna dapat menekan tombol Attachment (Penjepit Kertas) dan memilih sumber file gambar dari Kamera atau Galeri. Setelah memilih gambar yang akan dikirim, pengguna diminta untuk mengisi judul dan deskripsi gambar kemudian menekan tombol Send untuk mengirimkan gambar.

G. GRUP

1. Grup Chat

  • Q : Bagaimana cara menambahkan grup chat ?

A : Pertama pengguna harus berada di halaman Forum (Halaman utama aplikasi Green Pages), setelah itu pengguna menakan tombol Tambah (+) yang ada di sudut kanan bawah kemudian menekan tombol Tambah Grup. Setelah itu pengguna diminta untuk mengisikan kolom Nama Grup dan Nama Pengguna yang ingin ditambahkan kedalam grup kemudian menekan tombol Pencarian untuk menampilkan hasil pencarian. Pengguna kemudian memilih kontak yang ingin ditambahkan kedalam grup lalu menekan tombol Buat untuk membuat grup chat.

  • Q : Apakah pengguna dapat mengirimkan file gambar melalui grup chat ?

A : Ya, pengguna dapat mengirimkan file gambar melalui grup chat.

  • Q : Bagaimana cara pengguna mengirimkan file gambar melalui grup chat ?

A : Pada halaman grup chat, pengguna dapat menekan tombol Attachment (Penjepit Kertas) dan memilih sumber file gambar dari Kamera atau Galeri. Setelah memilih gambar yang akan dikirim, pengguna diminta untuk mengisi judul dan deskripsi gambar kemudian menekan tombol Send untuk mengirimkan gambar.

H. CHAT

1.    Chat

  • Q : Apa fungsi dari tab Chat di aplikasi Green Pages ?

A : Fungsi dari tab Chat adalah untuk menampilkan daftar chat personal oleh pengguna dengan urutan chat paling terakhir.

I. WISHPLACE (FITUR BELUM TERSEDIA)

J. NEWS

1.  Highlight

  • Q : Apa fungsi dari Highlight News pada aplikasi Green Pages ?

A : Highlight News berfungsi untuk menampilkan 5 berita terbaru tentang NU

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengakses berita yang lain ?

A : Di bagian highlight berita, pengguna dapat menekan tombol Lainnya (Panah) yang ada di kanan atas highlight berita yang akan menampilkan halaman berita lainnya.

2. Berita Lainnya

  • Q : Berita apa yang ditampilkan di Berita Lainnya ?

A : Pada halaman berita lainnya, semua daftar berita hanya akan ditampilkan 8 berita per halaman.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk mengakses berita yang lainnya ?

A : Pengguna dapat mengakses berita yang lainnya dengan menekan tombol Panah (arah Kanan/Kiri) yang ada di bawah halaman untuk berpindah ke halaman lainnya.

K. DIREKTORI/ORGANISASI PBNU

1. Organisasi

  • Q : Organisasi apa saja yang ditampilkan di Direktori ?

A : Organisasi yang ditampilkan hanya organisasi seputar NU.

  • Q : Apakah pengguna dapat melihat detail organisasi ?

A : Ya, pengguna dapat menampilkan detail organisasi dengan cara memilih organisasi yang ingin ditampilkan.

2. Pencarian

  • Q : Apakah pengguna dapat melakukan pencarian di Direktori ?

A : Ya, pengguna dapat melakukan pencarian posisi dan pencarian orang/pengurus di Direktori.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk melakukan pencarian Organisasi ?

A : Pengguna harus mengakses menu Direktori terlebih dahulu dengan cara menekan tab Direktori di halaman utama aplikasi Green Pages. Setelah itu pengguna mengisikan nama organisasi yang ingin di cari di kolom pencarian, kemudian pengguna menekan tombol Cari Organisasi.

  • Q : Bagaimana cara pengguna untuk melakukan pencarian Orang ?

A : Pengguna harus mengakses menu Direktori terlebih dahulu dengan cara menekan tab Direktori di halaman utama aplikasi Green Pages. Setelah itu pengguna mengisikan nama orang/pengurus yang ingin di cari di kolom pencarian, kemudian pengguna menekan tombol Cari Orang.